BSIP TROA Gelar Public Hearing Standar Pelayanan Publik Tahun 2023
Bogor, 17 Oktober 2023
Balai Pengujian Standar Instrumen Pertanian Tanaman Rempah, Obat dan Aromatik (BSIP TROA) menyelenggarakan Public Hearing Standar Pelayanan Publik (SPP) Tahun 2023 secara hybrid di Aula BSIP TROA. Acara ini dihadiri oleh 68 peserta secara luring dan 44 peserta secara daring. Public hearing bertujuan untuk membangun kepercayaan masyarakat atas pelayanan publik yang telah dilakukan penyelenggara pelayanan publik dan untuk mendapat masukan dari berbagai pemangku kepentingan agar standar pelayanan kepada masyarakat/publik menjadi lebih baik.
Kegiatan ini dihadiri Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian Kementerian Pertanian, Drs. Zulkifli, MM, Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Jawa Barat, Maulana Ihsan, Kepala Balai Pengujian Standar Instrumen Pertanian Tanaman Rempah, Obat dan Aromatik (BSIP TROA), Dr. Ir. Evi Savitri Iriani, M.Si dan para pejabat serta pemangku kepentingan dilingkungan BSIP Kementerian Pertanian.
Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala BSIP TROA, Dr. Ir. Evi Savitri Iriani, M.Si. Dalam sambutannya disampaikan bahwa BSIP TROA terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan publik dan memberikan pelayanan prima kepada semua penggunanya.
"Kami mencoba menyusun dan menetapkan melalui mekanisme public hearing dan melibatkan masyarakat pengguna agar SPP yang kami buat ini bisa diterima semua pihak, baik dari Pemerintah Daerah, Dinas, Perguruan Tinggi, Sekolah, dan instansi terkait, supaya dapat memberikan masukan kepada kami," ujarnya.
Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian Kementerian Pertanian, Drs. Zulkifli, MM dalam paparannya menyampaikan bahwasannya dalam arahan Presiden RI, pelayanan public merupakan bukti nyata kehadiran negara. Jika pelayanan buruk, kredibilitas ke instansi pemerintah menjadi buruk. Tidak ada toleransi jika pelayanan lambat. Perlunya percepatan pelayanan, efisiensi, fleksibilitas kerja dan akurasi pelayanan.
Selain itu, Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Jawa Barat, Maulana Ihsan juga menyampaikan materi tentang peningkatan kepatuhan Standar Pelayanan Publik. Dalam paparannya disampaikan bahwa masyarakat dan mitra harus aktif berdiskusi dan memberi masukan agar bertujuan sama-sama melindungi hak-haknya. Dari sisi kewajiban, masyarakat juga harus mematuhi ketentuan serta berpartisipasi aktif dalam penyelenggaraan pelayanan publik.
Rangkaian kegiatan public hearing juga dilakukan acara penandatanganan berita acara kesepakatan Standar Pelayanan Publik BSIP TROA yang dilakukan oleh penyelenggara pelayanan publik, akademisi dan perwakilan masyarakat selaku pengguna layanan.
Penulis : Azwar (BSIP TROA)